Khotbah Pdt. Darius Lallo 27 Agustus 2017 – Beruntung

BERUNTUNG

Lukas 5:1-11
Hidup yang beruntung atau tidak adalah sebuah pengalaman yang dihadapi banyak orang. Setiap kita dapat membuat pilihan untuk dapat mengalami keberuntungan. Ini adalah keinginan setiap orang dan pastinya tidak ada orang yang menghendaki kegagalan, baik dalam bisnis, dalam studi, dalam rumah tangga, dalam pelayanan dan lain-lainnya.

Berkaitan dengan keberuntungan ini, kita bisa belajar dari pengalaman seorang Petrus. Dari kedaaan yang sangat buruk, mengecewakan, setres, dan putus asa, tetapi berubah menjadi orang yang sangat beruntung dan diberkati oleh Tuhan.

Apa yang dilakukan oleh Petrus sehingga ia mengalami keberuntungan?
1. Petrus merelakan perahunya dipakai Yesus.
Ketika Yesus meminta untuk naik ke dalam perahu, Petrus merelakan perahu miliknya untuk menjadi alat Tuhan dalam menyampaikan kebenaran Firman Tuhan. Di atas perahu tersebut Yesus mulai berkhotbah menyampaikan kebenaran Injil, dan Petrus adalah salah satu orang yang mendengar dan imannya dibangkitkan oleh khotbah Yesus. Bagi Petrus tidaklah menjadi masalah Yesus menggunakan perahunya, sebaliknya dengan rela hati ia mempersilahkan Yesus naik ke perahu tersebut. Ini merupakan sikap hati yang baik untuk dia belajar menjadi orang yang rela memberi bagi Tuhan, dan perahu Petruspun menjadi alat untuk memberkati banyak orang.
2. Petrus mengikuti Perintah Yesus dengan iman dan antusias.
Sepanjang malam Petrus berusaha dengan semaksimal mungkin, tetapi tidak menghasilkan apa-apa. Itu adalah pengalaman pahit sebagai seorang nelayan yang sudah berpengalaman seperti dirinya. Sehingga perintah Yesus adalah sesuatu yang aneh, sebab Yesus bukan seorang nelayan yang berpengalaman seperti dirinya. Sekalipun demikian, Petrus menurutiNya dan menebarkan jala seperti yang diperintahkan kepadanya. Hasilnya sangat luar biasa, Petrus menangkap sejumlah besar ikan, sehingga perahunyapun penuh.

Dengan memperhatikan pengalaman Perus ini, kita harus berpikir cerdas, bahwa ternyata Yesus adalah Allah yang bisa membuat kehidupan kita ini menjadi beruntung dan mengalami keadaan yang lebih baik.
Segala usaha mungkin sudah kita lakukan, tetapi hasilnya tidak maksimal, atau bahkan kita mengalami kerugian, kebangkrutan, keputus asaan, dan keadaan yang sangat buruk. Sekaranglah saatnya kita bertindak dengan iman. Ijinkan Yesus hadir di dalam perahu kehidupanmu, lakukan semua perintahNya dengan iman, dan yakinlah bahwa Tuhan sanggup mengubah kehidupanmu menjadi lebih baik.
Bersama Tuhan, dan di dalam Tuhan, kita dijadikan orang-orang yang luar biasa, di dalamnya nyata kuasa dan pertolongan Tuhan yang membuat kita terkagum akan karyaNya yang besar.
Tuhan memberkati kita semua. HALELUYAH….
Ringkasan khotbah : Pdt. Darius Lallo